Cermat Memilih Sepatu Olahraga Yang Tepat

Olahraga ialah salah satu aktivitas pola hidup sehat yang perlu diterapkan sehari-hari. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dan juga mencegah cedera, maka Anda membutuhkan sepatu olahraga yang tepat. Kesalahan memilih sepatu yang tidak sesuai dengan aktivitas olahraga bisa menimbulkan berbagai macam keluhan. Jari kaki lecet, rasa sakit pada betis atau shin splint, sakit pada tendon achilles di bagian belakang kaki, nyeri punggung, sakit lutut, hingga sakit pinggul dapat dirasakan oleh para pegiat olahraga yang salah memilih sepatu.

Aktivitas olahraga yang dilakukan tiga kali atau lebih setiap minggu membuat Anda membutuhkan sepatu khusus. Beberapa kategori dari sepatu olahraga yang tersedia yaitu sepatu berjalan, sepatu lari, dan sepatu untuk olahraga lapangan. Ada pula sepatu untuk olahraga outdoor atau kegiatan olahraga khusus lain. Soal merk atau brand sepatu olahraga, Anda tak perlu lagi bingung. Sebab sudah banyak perusahaan sepatu, seperti sepatu kodachi yang menawarkan sepatu dengan berbagai model, jenis, motif, dan harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Sepatu untuk lari. Sepatu ini sangat fleksibel sehingga dapat mendukung kaki menekuk tiap kali penggunanya melangkah atau berlari. Namun, sepatu ini tidak cocok digunakan untuk olahraga jenis lain seperti untuk tenis yang memiliki banyak gerakan ke samping.

Sepatu aerobik. sepatu yang dipakai untuk aerobik harus fleksibel, bisa menopang dan juga menjadi bantalan yang menyerap dan meminimalisasi benturan pada kaki.

Sepatu untuk berjalan. Berjalan ialah salah satu bentuk olahraga yang baik bagi kesehatan kardiovaskular. Diperlukan sepatu yang bisa mengurangi rasa nyeri pada tumit atau mata kaki. Pilihlah sepatu yang ringan, namun bisa meredam benturan pada tumit kaki. Sepatu berjalan sebaiknya lebih kaku pada bagian depan agar jari kaki lebih nyaman.

Sepatu basket atau olahraga bola jaring lain. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sepatu basket atau olahraga bola jaring lain, Anda perlu sepatu yang memiliki fleksibilitas tinggi dan mendukung gerakan-gerakan ke samping.

Sepatu tenis dan squash. Pada olahraga yang memakai harga raket, Anda sebaiknya memakai sepatu khusus yang dapat membantu Anda untuk membuat gerakan ke samping. Yakni sepatu biasanya lebih kaku dan berat dibandingkan sepatu lari.

cek harga sepatu futsal specs

Sepatu sepak bola. Sepatu ini harus mampu meredam tekanan pada kaki. Termasuk saat permainan itu memakai lapangan rumput buatan. Jika sepatu yang dipakai tidak sesuai, pengguna berisiko mengalami kapalan di permukaan kulit atau bahkan gangguan pertumbuhan kuku kaki.

Sepatu cross trainers. Sepatu ini memiliki beberapa fungsi sekaligus agar dapat dipakai lebih dari satu aktivitas olahraga. Fitur-fiturnya memiliki fleksibilitas di bagian depan kaki untuk berlari, namun harus memiliki kendali cukup baik untuk gerakan lebih lebar seperti saat aerobik atau tenis. Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu olahraga, pertimbangkan tips yang harus Anda ketahui berikut ini:

  • Kunjungi outlet sepatu khusus yang menawarkan sepatu olahraga. Toko ini biasanya mempunyai staf yang sudah terlatih mengenai sepatu paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Beli sepatu saat ukuran kaki maksimal, yaitu waktu menjelang malam atau sesaat setelah Anda berolahraga.

  • Jangan percaya anggapan sepatu akan semakin nyaman setelah dikenakan. Sepatu seharusnya nyaman sejak pertama kali dipakai. Coba sepatu untuk melangkah sebelum membeli.

  • Bawa kaus kaki yang biasa Anda gunakan. Jika Anda biasa menggunakan perlengkapan lain, pakai juga bersama sepatu.

  • Tumit dan sepatu dapat melekat dengan kuat. Jangan beli sepatu yang longgar di bagian tumit.

  • Hindari membeli sepatu yang terlalu pas. Ruang antara sepatu dan jari harus sekitar 1 cm.

  • Ada jenis sepatu yang bisa digunakan untuk beberapa aktivitas, namun jika Anda melakukan satu olahraga lebih dari tiga kali di setiap minggunya, pertimbangkan untuk memiliki sepatu khusus.

  • Perlu Anda ketahui bahwa sepatu olahraga mempunyai masa pakai. Setelah dipakai 300 jam untuk olahraga aerobik atau sekitar 500-800 kilometer berlari, biasanya bagian dalam sepatu akan mengalami penurunan kualitas. Kalau Anda rutin berolahraga, perhatikan ketahanan sepatu Anda. Merek atau harga tidak menjadi patokan, tetapi kesesuaian kaki dan aktivitaslah bagian yang terpenting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *